Target Bank Sampah – Radar Bromo

BANGIL – Pemkab Pasuruan berupaya untuk terus menambah jumlah bank sampah di wilayahnya. Langkah tersebut ditujukan untuk memaksimalkan pengelolaan sampah dan mencegah penumpukan di TPA.

Hal ini seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan Muchaimin. Ia menyampaikan, jumlah bank sampah di wilayah Kabupaten Pasuruan baru sejumlah 89 unit.

Jumlah tersebut, diakuinya masih jauh dari yang diharapkan. Sebab, pemkab mengancang-ancang setiap desa dan kelurahan memiliki bank sampah. “Kami harapkan setiap desa dan kelurahan ada bank sampah. Tapi, untuk saat ini masih belum dan jauh dari itu semua,” kata Muchaimin.

Ia menambahkan, bakal terus mendorong adanya pertumbuhan bank sampah di wilayah Kabupaten Pasuruan. Tujuannya, agar pengelolaan sampah, terutama sampah  rumah tangga bisa dimaksimalkan.

Sehingga, tidak menambah tumpukan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA). “Manfaatnya kan besar. Dari sisi lingkungan, bisa menekan penumpukan sampah di TPA. Sementara dari sisi warga, bisa menambah nilai ekonomis dari pengolahan sampah tersebut,” tukas dia.

Sosialisasi secara kontinyu bakal dilakukan untuk mendorong pertumbuhan bank sampah di wilayah Kabupaten Pasuruan. Ia menargetkan, tahun ini ada 144 bank sampah bisa terbentuk.

Source link