Tempat Makan Wajib Gunakan Tirai – Radar Kediri

Menurut Kabid Trantib Satpol PP Nur Khamid, payung dari aturan itu sudah ada. Mereka akan menggunakan Peraturan Wali Kota nomor 14 / 2017. Perwali itu merupakan perubahan keempat atas Perwali nomor 28 / 2012 tentang Penertiban Kegiatan pada Bulan Ramadan.

“Iya, itu hasil rapat terakhir. Memang masih menggunakan Perwali 2017,” terang Nur Khamid.

Dalam perwal tersebut selain larangan tempat hiburan malam beroperasi sepanjang Ramadan juga mengatur usaha makanan. Pada pasal delapan, menegaskan bahwa pengusaha restoran, rumah makan, hingga warung yang menjual makanan dan minuman diminta memakai penutup atau tabir. Terutama usaha makanan dan minuman yang beroperasi pada siang hari.

“Ditutup atau diberi tabir. Hal ini agar tidak mencolok. Agar tidak mengganggu kekusyukan orang yang menjalankan puasa Ramadan,” tambah Nur Khamid.

Soal dua jenis usaha itu, perwali tersebut juga mengatur dengan jam operasi bioskop. Untuk usaha hiburan jenis tersebut, waktu beroperasinya hanya pada pukul 20.30 hingga 24.00 saja.

Sedangkan untuk tempat biliar boleh buka tapi pada siang hari. Yaitu mulai pukul 08.00 hingga 16.00. “Usaha warnet, game online, hingga play station juga diatur dalam perwal ini. Di antaranya hanya diperbolehkan buka mulai pukul 20.30 hingga 24.00,” terangnya.

Selain mengatur soal jam buka tempat hiburan dan usaha makanan, perwali juga mengatur hal lain. Yiatu terkait dengan larangan memproduksi, memperdagangkan, dan menyembunyikan petasan atau benda-benda sejenisnya.

Yang menarik, perwali tersebut juga mengatur soal pengeras di masjid, musala, dan lingkungan warga. Setelah pukul 22.00 pengeras suara harus dikecilkan volumenya.

“Pengeras suara itu diperbolehkan lagi 30 menit sebelum salat subuh,” ujarnya.

Nur Khamid menegaskan, terkait dengan peraturan-peraturan tersebut petugasnya akan terus bersiaga untuk melakukan pemantauan. Pihaknya juga menjadwalkan akan melakukan operasi. Tujuannya untuk menertibkan pengusaha yang nekat melanggar aturan. Khususnya untuk hiburan malam hingga tempat-tempat yang diatur dengan jelas jam operasionalnya.

Pihak satpol juga akan memantau warung makanan dan minuman. Satpol akan memberi peringatan awal untuk warung yang tak mengindahkan aturan menggunakan tirai di siang hari.

“Dalam Ramadan ini akan terus kami lakukan pemantauan terkait perwal ini,” tegas Nur Khamid. 

(rk/fiz/die/JPR)

Source link