Tepat Sasaran, Sesuai Kebutuhan – Radar Kediri

Seperti yang ada di RT 01/RW 01 Kelurahan Tosaren, Kecamatan Pesantren. Membutuhkan sejumlah perlengkapan baru untuk grup jaranan setempat, warga memutuskan mengalokasikan anggaran untuk itu.

Hasilnya, grup jaranan Segatra Muda sangat terbantu dengan itu. “Sekarang baru dan lengkap peralatannya. Butuhnya memang itu,” ujar Suparno, ketua RT setempat kepada tim juri Prodamas Award.
Berisi sekitar 30 anggota yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa di lingkungan setempat, grup Segatra Muda memang sangat diminati. Tak hanya mereka yang sudah berumur, anak-anak usia sekolah dari SD sampai SMA, banyak yang belajar dan jadi anggotanya. “Ya anak-anak sini. Biasanya karena orang tuanya ikut, anaknya ikut belajar. Dari kecil-kecil, biasanya SD sudah latihan,” ungkapnya.

Bukan untuk menambah penghasilan, namun adanya grup jaranan ini dimaksudkan mengekspresikan kesenian dan budaya jaranan yang memang sudah diminati warga RT setempat sejak lama. “Dengan dana Prodamas, kami berharap grup ini bisa makin berkembang lagi,” paparnya sembari menunjukkan perlekapan gamelan yang sedang dibersihkan di halaman rumahnya.

Di RT 01/RW 01 Kelurahan Burengan, programnya pun juga bisa dirasakan manfaatnya oleh warga. Seperti timbangan hingga alat pengukur tensi darah. Sejumlah peralatan kesehatan ini, memang menjadi salah satu hasil rembuk yang sangat dibutuhkan. “Digunakan rutin. Biasanya ada kegiatan di akhir bulan,” ujar Abdul Cholik, sang ketua RT.

Selain mempertimbangkan kebutuhan infrastuktur yang memang cukup banyak, di antara gapura, lampu penerangan jalan, dan resapan, warga memang juga peduli dengan bidang sosial di lingkungan setempat. Makanya, sejumlah peralatan kesehatan ini diusulkan dalam rembuk untuk Prodamas 2017 lalu. “Ada juga pembagian sembako dan perlengkapan sekolah yang juga didasarkan dari rembuk,” tandasnya.

Kemarin, adalah minggu kedua tim juri Prodamas Award kembali turun untuk melakukan penilaian tahap akhir. Sudah ada sejumlah RT yang dikunjungi dan berpeluang menjadi yang terbaik di masing-masing bidang. Mulai dari bidang sosial, ekonomi, dan infrastruktur. Hingga bidang partisipasi masyarakat dan kinerja RT.

Penilaian sendiri sudah dilakukan dengan sejumlah tahapan, sejak akhir tahun lalu. Yakni dengan melibatkan seluruh RT se-Kota Kediri dengan mengumpulkan jawaban kuesioner atas realiasi Prodamas mereka di 2017 lalu. Dari sinilah, tim juri lantas melakukan penilaian. Termasuk melakukan seleksi dan melakukan kunjungan ke RT-RT tersebut.

(rk/die/die/JPR)

Source link