Terjunkan MTT untuk Antisipasi Rel Patah – Radar Surabaya

Kereta yang biasa disebut juga Tamping Machine ini berfungsinya memadatkan ballast atau kricak (batu-batu yang ada di bawah bantalan rel). 

Manajer Humas PT KAI Daop 8, Gatut Sutiyatmoko menjelaskan MTT dioperasikan untuk mengantisipasi patahnya rel yang kerap terjadi di musim hujan. “Sebelumnya juga kami terjunkan tim yang setiap hari diwajibkan untuk mengecek bantalan rel, serta kondisi rel,” terangnya (11/1).

Gatut menjelaskan kereta MTT ini baru akan diturunkan setelah dipastikan ada rel KA yang memang patah. Menurut dia, selain dari petugas yang setiap hari melakukan pengecekan, laporan bisa didapatkan dari masinis.

“Masinis akan memberikan informasi jika ada rel yang tidak enak dilalui,” lanjutnya.

Di Sidoarjo, MTT ini telah diturunkan untuk mengangkat dan meratakan ballast di rel di kawasan Jenggala. MTT berjalan pelan untuk merapikan ballast tersebut. Selain itu, MTT ini juga bisa berfungsi untuk menambah ballast.

“Ini untuk memberikan pelayanan ke masyarakat agar perjalanan KA semakin aman dan nyaman,” bebernya. (sar/jee)

(sb/sar/rek/JPR)