Ternyata Ini Alasan Lima Desa Diusulkan Jadi Migran Produktif – Radar Kudus

KOTA – Lima desa di Kabupaten Rembang diusulkan sebagai calon desa migran produktif ke Kementerian Ketenagakerjaan. Desa tersebut antara lain, Desa Bendo, Lodan Wetan, Banohan, Manggar dan Pandangan Wetan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Rembang Teguh Gunawarman melalui Kabid Ketenagakerjaan Sunarto mengatakan sebenarnya ada daftar 10 desa yang mempunyai proporsi pekerja migran tertinggi. Namun, setelah verifikasi diminta lima ringking pertama dari jumlah TKI terbanyak.

Selain lima peringkat teratas, kriteria lain dalam usulan tersebut ada akses listrik secara  kontinyu, jaringan internet. Kemudian, desa siap menyediakan satu meja dua kursi setelah program direlisasikan kementerian.”Hanya saja lima desa yang telah diusulkan belum tentu pasti. Karena statusnya masih berupa usulan kementerian,” terangnya.

Menurutnya tujuan program dari kementerian tersebut, salah satunya untuk meningkatkan ekonomi produktif, agar TKI tidak keluar negeri terus menerus. Namun dapat mandiri di daerah sendiri, khususnya di Kabupaten Rembang.

“Setelah diusulkan akan dilakukan survey potensi desa, baik secara langsung ataupun sebaliknya. Selanjutnya pelaksanaan pemilihan desa yang memenuhi kriteria bakal akan diajak kerja sama dengan world bank,” imbuhnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)