Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengatakan, kamera khusus itu akan dipasang di jalan-jalan yang biasa dilalui kendaraan dengan kecepatan tinggi. Di antaranya, seperti di Jalan Merr dan Kenjeran. 

“Kamera khusus tersebut akan memantau laju kendaraan,” ucapnya. 

Menurutnya, seluruh jalan di Surabaya yang dinilai rawan kecelakaan dan rawan kejahatan, secara bertahap akan dipasang kamera. Tujuannya, supaya Dishub bisa memantau langsung kondisi di lapangan dan bisa segera membantunya apabila memang membutuhkan. 

“Penanganan terhadap kecelakaan bisa dengan mudah diatasi dengan pantauan dari kamera,” jelasnya. 

Wakil Ketua DPRD Surabaya Darmawan mengatakan, pemantauan melalui CCTV dan kamera khusus di sejumlah jalan di Surabaya sangat tepat. Hal tersebut sebagai cara untuk meminimalisir kecelakaan dan melakukan penanganan secepat mungkin. “Kita sangat dukung,” katanya. 

Namun, di sisi lain Dishub harus bisa mengaplikasikan adanya temuan dalam pantauan CCTV maupun kamera khusus. Penindakan pelanggaran akan membuat pengguna jalan jera saat melakukan kesalahan. Sehingga dengan adanya alat bantu pengawasan tersebut pengguna kendaraan bisa tertib. (vga/rud) 

(sb/vga/jek/JPR)