Tiga SMP Negeri Diproyeksi Berbasis IT – Radar Banyuwangi

SITUBONDO – Tiga SMP Negeri di Kabupaten Situbondo diproyeksi menggunakan Informasi Teknologi (IT) dalam melangsungkan seluruh kegiatan pembelajarannya. Untuk keperluan itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Situbondo sudah menggandeng google for educatioan sebagai fasilitasi.

Kepala Dispendikbud, Fathor Rakhman menerangkan, google for education sudah sudah memberikan pelatihan kepada para guru tentang pemanfaatn teknologi komputer. “Sudah ada empat guru yang dilatih,” ujarnya usai menghadiri acara Situbondo Smart School di SMPN 1 Situbondo, Senin (30/10) lalu.

Fathor menjelaskan, keempat guru ini akan dicetak menjadi master trainer. Tugasnya, memberikan pelatihan kepada guru-guru yang lain. “Beberapa orang yang sudah mengikuti pelaatihan akan mendapatkan sertifikat internasional dari google,” jelasnya.

Fathor menerangkan, ketiga sekolah yang akan memanfaatkan teknologi komputer salah satunya SMPN 1 Situbondo. Penggunaan IT untuk SMPN 1 situbondo sudah efektif pada Bulan Desember 2017 nanti. “Yang lain akan menyusul,” terangnya.

Sekolah lain yang akan mengunakan IT dalam melangsungkan pembelajaran masih dalam evaluasi. Yang pasti, satu sekolah di wilayah barat, dan satunya lagi di wilayah timur.

Untuk wilayah barat kemungkinan SMP Negeri yang ada di Kecamatan Besuki. Sedangkan sejumlah SMP Negeri di Kecamatan Asembagus menjadi calon kuat di wilayah timur Situbondo. “Selebihnya, jika ada sekolah lain yang memanfaatkan teknologi, bersifat mandiri,” katanya.

Dalam pemanfaat teknologi ini, pembelajaran dilangsungkan menggunakan aplikasi. Sehingga penyampaian materi oleh guru melalui aplikasi tersebut. “Materinya bisa didownload dari google. Tentunya  tetap menyesuaikan dengan kemampuan siswa,” tambah Fathor.

Kepada guru yang sudah mendapatkan pelatihan, Fathor berharap agar menularkan kepada guru yang lain. “IT ini juga menjadi bagian dalam pelaksaaan ujian berbasis komputer di seluruh SMP di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.

Source link