Tiket Masuk Ubalan Naik, tapi Wisatawan Dijamin Asuransi – Radar Mojokerto

MOJOKERTO – Pemerintah Kabupaten Mojokerto akhirnya menerapkan tarif baru untuk wisata Ubalan, Pacet. Dari yang semula Rp 14 ribu, kini baik menjadi Rp 30 ribu. Melejitnya tarif dibarengi dengan fasilitas water boom dan jaminan keselamatan atau asuransi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto Djoko Widjayanto, mengatakan, pemberlakuan tarif baru itu setelah Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP) menerbitkan Perbup Nomor 29 Tahun 2018 tentang Tarif Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, 2 April 2018 lalu. ’’Mulai hari ini, kita berlakukan tarif baru,’’ terangnya.

Dalam aturan ini, pemda juga memberlakukan diskon sebesar 25 persen bagi pengunjung yang membawa rombongan hingga 30 orang atau lebih. Dikatakan dia, kenaikan tarif ini bukan sekadar memburu profit bagi pemerintah daerah. Namun, pemda tetap berharap agar wisatawan bisa merasakan nyaman dalam berwisata.

Kenyamanan itu terlihat dari deretan fasilitas yang diberikan kepada pengunjung. Di antaranya water boom, gazebo, hingga kolam renang yang sangat bersih. ’’Apalagi, dalam waktu dekat, kami juga akan membangun area parkir yang sangat luas,’’ tegasnya.

Sisi kenyamanan pengunjung lainnya adalah jaminan keselamatan. Disparpora juga akan memberikan asuransi bagi wisatawan yang mengalami kecelakaan di area wisata. ’’Ini kali pertamanya kita lakukan. Selama ini tidak pernah ada asuransi,’’ ujar Djoko.

Penerapan asuransi untuk mengantisipasi terjadinya korban kecelakaan di area wisata. Insiden ini sebelumnya terjadi beberapa waktu lalu di kawasan kolam renang Banyu Panas Padusan Pacet. Seorang wisatawan mendadak meninggal dunia saat berendam di area kolam. ’’Kita ingin ada jaminan keselamatan bagi wisatawan,’’ terang Djoko.

Untuk menerapkan asuransi di setiap titik wisatawan yang rawan ancaman kecelakaan, mantan Camat Jatirejo ini menegaskan, pihaknya masih mengonsepnya secara detail dengan pihak perbankan. ’’Biar jelas. Apakah nanti hanya untuk korban meninggal atau kecelakaan berbagai kategori,’’ pungkasnya.

(mj/ron/ris/JPR)

Source link