Tingkatkan Pelayanan, BPPP Luncurkan PTSP – Radar Banyuwangi

BALAI Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan di bawah Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan. Saat ini, BPPP terus berperan aktif menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi masyarakat di wilayah-wilayah dengan potensi kelautan dan perikanan, yang cukup menjanjikan. Hal itu sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia kelautan dan perikanan. Khususnya, para pelaku utama dan pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, BPPP Banyuwangi sangat mengutamakan mutu pelayanan terhadap masyarakat perikanan dan stakeholder. Pada awal tahun 2018, BPPP Banyuwangi berencana meluncurkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dengan kehadiran PTSP diharapkan dapat mempermudah akses publik terhadap layanan yang ada di BPPP Banyuwangi.

Peluncuran PTSP itu merupakan salah satu upaya dan komitmen Kepala BPPP Banyuwangi Achmad Subijakto APi MP, dalam rangka peningkatan mutu pelayanan publik secara cepat, efektif, efisien, dan transparan. Sekaligus sebagai upaya mencapai good governance atau kepemerintahan yang baik.

PTSP disiapkan sebagai ruang publik yang akan mengurus beragam pengajuan dan informasi. Termasuk layanan aduan masyarakat. Semua layanan itu didasarkan standar operasional prosedur (SOP), serta jangka waktu pelayanan yang jelas. Selain itu, pengelolaannya juga akan mengacu kepada standar mutu pelayanan prima.

Adapun pelayanan pelatihan dan penyuluhan yang tersedia saat ini di PTSP BPPP Banyuwangi, di antaranya layanan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Basic Safety Training (BST) bagi nelayan dan pelaut kapal niaga, serta Diklat Ahli Nautika/Teknika Kapal Penangkap Ikan (ANKAPIN/ATKAPIN III). Selain itu, Diklat Teknis Perikanan Bidang Pengolahan Ikan, Penangkapan Ikan, Mesin Perikanan, Budi Daya Ikan dan Kelautan, Uji Kompetensi, Konsultasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Pelayanan Penyuluhan.

Kepala BPPP Banyuwangi Achmad Subijakto telah menegaskan bahwa ke depan PTSP akan terus dikembangkan dengan inovasi pelayanan yang terpusat dan dapat diakses secara daring (online). Cukup mengakses ptsp.bpppbanyuwangi.com, masyarakat bisa memperoleh berbagai informasi dan layanan. Mulai dari jadwal penyelenggaraan diklat, pelaksanaan uji kompetensi, persyaratan, fasilitas, dan tarif. Masyarakat juga langsung bisa melakukan pendaftaran dan pembayaran secara online. Inovasi layanan secara online ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di BPPP Banyuwangi.

Saat ini, tim PTSP BPPP Banyuwangi sedang menyempurnakan sistem dan berbagai dukungan. Seperti penguatan sumber daya manusia dan perangkat infrastruktur. Rencananya di awal tahun 2018, PTSP BPPP Banyuwangi siap di-launching. (*)

*) Instruktur Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi

(bw/*/als/JPR)

Source link