Tirtonadi Awards, 11 Divisi Diapresiasi, Dua Orang Disanksi – Radar Solo

Penghargaan tersebut dikemas dalam kegiatan bertema Tirtonadi Awards yang dibarengkan dengan halalbihalal internal pegawai terminal tipe A tersebut, Senin (25/6). Sedikitnya ada 11 penghargaan diberikan pada 11 divisi berbeda.

“Ini sebagai penghargaan bagi teman-teman yang berdedikasi melaksanakan tugas di lapangan selama musim mudik kemarin,” jelas  Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto.

Menurutnya, reward dibutuhkan untuk menjaga semangat seluruh personel meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Reward kita penilaiannya adalah loyalitas, dedikasi, dan pelayanan. Jadi terharu, lantaran saya selama pelayanan Lebaran kemarin cukup galak terhadap anggota, dan ini momen saling bermaafan dan penghargaan,” terang Joko.

Penilaian terhadap personel Terminal Tirtonadi dilakukan secara tertutup dan rahasia sejak H-8 hingga H+8 Lebaran. Sebab itu, banyak dari penerima award yang tidak menyangka bahwa selama ini kerja mereka mendapatkan apresiasi.

“Penilaian terhadap pelayanan meliputi on-time bertugas, kedisiplinan seragam petugas, dan sebagainya. Penilaian memang kita rahasiakan,” ungkapnya.

Selain memberikan apresiasi, manajemen Terminal Tirtonadi juga menjatuhkan punishment kepada dua personelnya yang performa kinerjanya menurun.

Sanksi tersebut, lanjut Joko, bukan untuk mempermalukan personel, tapi cambukan agar bekerja lebih serius.

Jamaludin, salah seorang petugas keamanan Terminal Tirtonadi tak menyangka dirinya mendapat apresiasi atas kinerjanya selama Lebaran. Dia berharap, penghargaan tersebut dapat memacunya lebih baik menjalankan tugasnya.

“(Tugas, Red) hari biasa satu sif selama delapan jam, kadang lebih sampai sepuluh jam untuk membantu petugas giliran selanjutnya. Masa angkutan Lebaran ini jelas ada tambahan jam kerja hingga 12 jam. Tidak masalah karena mengutamakan pelayanan,” ucap Jamaludin.

(rs/ves/fer/JPR)