TPID Karanganyar Gelar Operasi Pasar – Radar Solo

Operasi pasar tersebut langsung diawasi oleh ketua TPID Karanganyar Samsi dan Ketua Tim Satgas Mafia Pangan Karanganyar Kompol Dyah Wuryaning Hapsari. Mereka menggandeng Sub Divre Badan Usaha Logistik (Bulog) Surakarta. Lokasinya di Pasar Jongke dan Ngringo, Jaten, Karanganyar. Sedangkan untuk harga beras yang dijual di pasaran Rp 9.000 per kilogram.

“Kami cek apakah operasi beras yang dilakukan ini bisa bermanfaat atau tidak kepada masyarakat. Kami apresiasi Bulog yang sudah bersedia untuk melakukan operasi pasar. Kalaupun nanti tidak laku, berarti masyarakat tidak terpengaruh dengan kenaikan harga,” terang Samsi.

Di sisi lain, beberapa warga yang sempat membeli beras OP, sempat mengeluhkan kualitas dari beras yang dijual Bulog. Lantaran kualitasnya kurang begitu baik. Meski demikian, warga tetap membeli beras tersebut lantaran harganya murah. “Ini saya coba beli dulu. Kalau nanti enak akan beli lagi,” kata Waldi, 50, salah satu warga yang saat itu membeli beras seberat 2 kg.

Kepala Bidang Operasional Sub Divre Bulog Surakarta Nanang Haryanto mengungkapkan, operasi beras yang dilakukan tersebut atas permintaan pemkab guna mengantisipasi adanya lonjakan harga beras yang terjadi di sejumlah wilayah. Ada 11 ton beras dijual. Sementara terkait kualitas beras berkualitas medium.

(rs/rud/bay/JPR)