TPS Pasar Baru Kotor dan Berbau – Radar Bromo

KANIGARAN – Belum ditempati, Tempat Penampungan Sementara (TPS) pedagang Pasar Baru, Kota Probolinggo, kondisinya cukup memprihatinkan. Sebab, di TPS yang masih dalam proses pembangunan ini banyak sampah. Sehingga, kotor dan menimbulkan bau tak sedap.

Senin (25/12), tumpukan sampai itu sudah terlihat ketika akan masuk ke TPS melalui pintu sisi utara. Beragam jenis sampah terlihat di sana. Mulai sayuran dan buah busuk sampai beragam sampah plastik. Bau sampah ini makin menyengat dengan adanya genangan air di kolong tengah.

Salah seorang penarik becak di depan Pasar Baru, Sugianto mengatakan, tumpukan sampah itu sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, tiada orang yang mengetahui siap yang membuang ke sana. “Ini sudah lama ada, mungkin membuangnya saat malam. Jadi, tidak ada orang yang mengetahui,” ujarnya.

Hal senada disampaikan seorang pedagang di Pasar Baru, Sukarya. Menurutnya, tumpukan sampah ini membuat banyak pembeli terganggu. “Harapan kami segera dibersihkan. Dengan adanya bau sampah itu membuat banyak orang tidak nyaman. Selain pedagang, para pembeli juga tak kerasan,” ujarnya.

Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, Sunyoto mengatakan, pihaknya telah melakukan perjanjian dengan pihak pasar yang berada di bawah Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustiran (DKUPP). Bahwa, jalan sisi barat tanggung jawab DLH dan sisi timur tanggung jawab pasar. “Sudah ada bagiannya dan tanggung jawab masing masing. Kalau itu, mungkin dari pihak pasar tidak koordinasi jadi menumpuk,” ujarnya.

Terpisah, Kepala DKUPP Kota Probolinggo, Gatot Wahyudi mengaku, akan segera mengutus petugas untuk membersihkannya. “Akan segera kami bersihkan. Sekarang kami masih belum mendapat laporan. Tapi, kami akan segera mengutus petugas agar segera dibersihkan,” ujarnya.

Untuk membersihkan tumpukan sampah itu, pihaknya akan bekerja sama dengan DLH. Itu, untuk memudahkan pembersihan sampah yang dikeluhakan masyarakat.

Source link