TPS Unik Tulungagung Angkat Seni Tradisi Reog Kendang – Radar Tulungagung

TPS 04 Desa Gendingan, Kecamatan Kedungwaru, terlihat berbeda dibanding TPS lainnya. Sebab, seluruh PPS dan KPPS di sana wajib memakai kostum jaranan. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, terutama yang sudah terdaftar sebagai pemilih di TPS tersebut.

Sejak dibuka sekitar pukul 07.00, TPS itu langsung diserbu warga. Bagaimana tidak, banyak warga penasaran dengan TPS bertema Reog Kendang itu. Lebih hebohnya lagi, Reog Kendang merupakan kesenian asli Tulungagung sehingga menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat.

TPS 04 itu tidak berada di tepi jalan raya, melainkan harus masuk beberapa meter ke dalam gang yang sudah dipaving. Untuk menemukannya tidak sulit.

Di depan gang sudah dipasang papan nama TPS, lengkap dengan hiasan dan tema Reog Kendang.

Setibanya di TPS tersebut, suasana semakin ramai dan meriah.

TPS berada di rumah warga yang memiliki halaman cukup luas. Para warga yang datang untuk memilih tidak hanya sekadar memberikan hak pilihnya untuk pemilihan gubernur (pilgub) dan pemilihan bupati (pilbup). Namun, mereka juga bisa melihat langsung kesenian jaranan Reog Kendang asli Tulungagung.

Sejak masuk halaman TPS yang dipakai sebagai ruang tunggu, sudah dihiasi pernak pernik khas Reog Kendang. Beberapa di antaranya kendang berbagai ukuran, kostum, boneka yang memakai kostum jaranan Reog Kendang lengkap dan barongan. Totalitas tema Reog Kendang benar-benar terbukti. Sebab, para anggota PPS dan KPPS memakai kostum jaranan Reog Kendang. Mulai baju, kalung, hingga topi atau ikat kepala.

Di dalam rumah yang dipakai untuk bilik, kotak suara, saksi, dan KPPS, juga didesain khusus. Yakni diberi banyak kendang berbagai ukuran.

Penataannya pun tidak asal. Semuanya ditata agar warga yang datang memilih bisa melihat berbagai perlengkapan yang dipakai menari Reog Kendang.

Di TPS itu juga terdapat satu grup jaranan Reog Kendang. Yakni Dhodhog Sadjiwo Djati. Grup ini memainkan tari jaranan lengkap dengan gamelannya secara langsung.

KPPS TPS 04 Desa Gendingan, Kecamatan Kedungwaru Moh. Yasin mengatakan, tema Reog Kendang merupakan kesepakatan bersama. Tujuannya, mengangkat atau melestarikan budaya asli Tulungagung. Selain itu, juga agar masyarakat tertarik sehingga datang ke TPS.

“Ini bagian menyukseskan pilkada,” ungkapnya.

Pria ramah itu mengaku, penataan TPS sudah dilakukan sejak H-1 pemungutan suara. Penataan dilakukan secara gotong royong. Namun, yang lebih banyak mendesain adalah dari grup reog Dhodhog Sadjiwo Djati.

“Kostum dipinjami Pak Siswoyo (dari grup reog Dhodhog Sadjiwo Djati, Red),” ujarnya.

Saat wawancara, Siswoyo mengaku ingin masyarakat bisa datang ke TPS. Karena itulah, TPS didesain semenarik mungkin. Salah satunya bertema jaranan Reog Kendang.

“Semua saya tata agar masyarakat yang mencoblos hadir semua,” jelas pria yang juga pelatih jaranan itu. (*/ed/din/bersambung)

 

(rt/lai/ang/JPR)