Truk Muatan Limbah Tabrak Tiang LPJU – Radar Banyuwangi

MUNCAR-Truk pengangkut limbah lumpur pelabuhan dengan nomor polisi AD 1398 MF, menabrak salah satu tiang lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang ada di sekitar Pelabuhan Muncar, kemarin (18/12). Untungnya, tidak sada korban dalam kecelakaan itu.

Truk yang belum diketahui nama sopirnya itu, setiap hari mengambil lumpur yang menumpuk di sekitar pelabuhan. Saat akan akan masuk ke pelabuhan, truk ini menabrak tiang LPJU hingga ambruk. “Truk akan mengambil limbah lumpur lagi,” cetus Jupri, 48, warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar.

Saat menabrak tiang LPJU, terang dia, truk tidak ada muatannya. Diduga, saat itu melintas sangat kencang dan tergelincir hingga menabrak tiang listrik. “Ban truk tergelicir,” ujarnya.

Masih beruntung, truk itu menabrak tiang LPJU yang ada di pelabuhan dan akhirnya berhenti. Jika tidak, teruk itu bisa terjun bebas ke laut. “Kalau tidak menabrak tiang listrik, truk bisa masuk ke laut,” ungkapnya.

Saat menabrak tiang listrik itu, jelas dia, ban truk naik ke pondasi LPJU. Sehingga, tiang listrik itu ambruk dan patah. “Ban kendaraan langsung naik ke pondasi tiang LPJU,” cetusnya pada Jawa Pos Radar Genteng.

Untuk mengevakuasi truk, sejumlah warga gotong royong mengangkat tiang LPJU ke pinggir jalan. Selanjutnya, kendaraan itu didorong ke belakang agar ban yang tersangkut bisa diangkat. “Tiangnya dipinggirkan dulu, baru truknya didorong,” ungkap Yanto, 52, warga sekitar yang saat itu ikut melakukan evakuasi truk.

Yanto mengaku tidak tahu persis pemilik truk. Untuk sopir, biasa dipanggil Tegul. Kecelakaan ini bukan karena sopir yang mengantuk atau mabuk. Tetapi, jalan di sekitar pelabuhan yang licin. “Jalan licin truk selip,” ungkapnya.

Sopir truk, Teguh, mengatakan kecelakaan itu karena jalan yang licin. Sehingga, saat mengerem kendaraan masih jalan sendiri hingga menabrak tiang LPJU. “Hanya kendaraan yang rusak, kerugian sekitar Rp 5 juta,” katanya.(rio/abi)

(bw/rio/ics/JPR)

Source link