GRESIK-Satnarkoba Polres Gresik mengamankan seorang tersangka yang diduga pengedar sabu-sabu (SS). Tersangka tersebut adalah Zainal Arifin alias Habsin, 18, warga Sidoarjo. Ia ditangkap di tepi Jalan Raya Desa Krikilan tepatnya depan kantor PMK Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo saat menunggu pembeli SS.

Kasatreskoba Polres Gresik AKP Redik Tribawanto mengatakan penangkapan ini bermula informasi akan adanya transaksi antara tersangka dan pembeli di depan kantor PMK Desa Krikilan itu. Polisi pun merespons dan melakukan penyelidikan. Begitu melihat tersangka Habsin di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan gelagat mencurigakan, polisi pun menyergapnya.

”Ternyata benar. Langsung kita lakukan penangkapan,” jelasnya.

Tersangka diroboh, lalu tangannya ditarik ke belakang, lantas diborgol. Polisi pun penggeledahan. Di dalam saku celananya, ada bungkus rokok berwarna putih. Setelah dicek, ada serbuk yang dibungkus plastik klip. Benda itu dicurigai sebagai SS dengan berat 1,41 gram. 

“Saat itu rupanya ia sedang menunggu pembeli tapi pembelinya ini tidak kunjung datang,” kata Redik.

Dari pengakuan Habsin, pemuda berambut ikal itu mengatakan memang sedang menunggu pembeli. Ia menyatakan pula belum lama berjualan SS, sekitar satu bulan yang lalu. Dia ditawari seorang teman dari Surabaya. ”Diajak bisnis (jualan, Red) SS,” akunya.

Selama ini, Habsin hanya membantu menjualkan. Jika dia berhasil menjualkan, untungnya dibagi dua antara dia dengan salah seorang temannya yang masih DPO. ”Ini yang masih kita kembangkan,” tambah AKP Redik Tribawanto. (yud/jee)

(sb/yud/ris/JPR)