Uji Kompetensi Baca Alquran Kembali Dimulai – Radar Madura

Kepala Disdik Pamekasan Moch. Tarsun menjelaskan, uji kompetensi baca Alquran merupakan program unggulan disdik. Kegiatan tersebut sudah berjalan selama empat tahun. ”Ini dalam rangka menyelaraskan Pamekasan sebagai Kota Gerbang Salam dengan nilai-nilai keislaman yang harus terus dipupuk dan dikembangkan. Apalagi kegiatan ini memang sudah diamanahkan oleh perda,” paparnya.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan siswa memiliki sikap dan perilaku seorang muslim yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Juga diharapkan mampu membaca dan menghafal dengan baik, sehingga menimbulkan kecintaan terhadap Alquran.

Dalam menjalankan program tersebut, disdik menggandeng beberapa instansi tekait. Di antaranya, LP2SI dan BKPRMI. Mereka secara bergiliran datang ke kecamatan-kecamatan untuk menguji kemampuan baca Alquran siswa dan menghafal surah pendek.

”Diharapkan semua siswa SD di Pamekasan, maksimal kelas enam SD, sudah mempunyai kemampuan dasar dalam membaca Alquran ditambah dengan kemampuan dalam menghafal surah-surah pendek,” pungkasnya.

(mr/sin/hud/luq/bas/JPR)