Umanis Kuningan, Wisatawan Lokal Serbu Objek Wisata – Bali Express

BALI EXPRESS, BANGLI – Libur panjang yang berbarengan dengan rangkaian hari raya termasuk Hari Raya Kuningan menjadi berkah bagi beberapa objek wisata yang di daerah Bangli dan Gianyar. Sebab secara umum beberapa objek wisata tersebut mengalami peningkatan kunjungan sejak beberapa hari terakhir.

Kabid Bina Objek Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli Wayan Bona kemarin (10/9) mengungkapkan, berdasarkan pantauan yang dilakukan pihaknya, peningkatan kunjungan wisatawan lokal hampir terasa di seluruh objek-objek wisata di Bangli. Peningkatan itu seperti di objek wisata pemandian air panas di Batur, lalu ada juga objek wisata Desa Penglipuran, Twin Hill, Air Terjun Kuning, hingga objek wisata tirta lainnya.

“Ya libur panjang, khususnya saat Galungan dan Kuningan ini kunjungan wisatawan domestik memang meningkat sangat besar. Kunjungan ke beberapa objek wisata malah membludak. Kondisi ini hampir terlihat di semua objek wisata di Bangli,” ucapnya.

Jika di beberapa objek wisata mengalami peningkatan kunjungan, diakui Bona, khusus objek wisata Desa Terunyan yang ada di seberang Danau Batur saat ini kondisinya malah lesu, lantaran anjloknya kunjungan wisatawan. Keadaan ini dia paparkan tak lain karena kerusakan yang dialami beberapa fasilitas pariwisata di kawasan tersebut. Salah satu yang paling vital dan berdampak sangat besar, yakni tak berfungsinya dengan maksimal dermaga, baik yang ada di Kedisan maupun di Terunyan.

“Kalau yang ke Terunyan sekarang malah kunjungannya anjlok. Ini bukan karena objek wisata ini tak dimininati lagi, tapi karena fasilitas utama ke objek wisata ini yang tidak bisa berfungsi maksimal, yakni dermaga yang ada di Terunyan dan Kedisan. Kondisi ini karena dua dermaga tersebut saat ini sudah tenggelam, akibat naiknya air danau,” imbuhnya.

Selain di Bangli, peningkatan kunjungan wisatawan lokal juga terlihat di beberapa pantai yang ada di Gianyar. Mulai dari Pantai Lebih, Pantai Purnama, Pantai Saba, Pantai Masceti, Pantai Rangkan, Pantai Lembeng, hingga yang paling barat di Pantai Ketewel. Meningkatnya kunjungan saat Kuningan dan Manis Kuningan kemarin turut diantisipasi jajaran Balawista Gianyar, seiring deretan kasus orang tenggelam di beberapa pantai di Gianyar.

Kepala BPBD Gianyar AA Oka Digjaya yang dihubungi kemarin memastikan sudah menerjunkan 26 personel balawista. Mereka ditempatkan di semua titik pantai dengan pemusatan pada enam pos yang telah tersedia. “Ya saat ini memang semua pantai ramai karena Manis Kuningan. Sejak kemarin kami sudah siapkan 26 personel yang standbay di setiap pantai. Sebab semua sudah tahu kalau semua pantai di Gianyar sangat rawan, dengan beberapa kasus orang tenggelam. Syukurnya sampai sore ini belum ada laporan kejadian,” katanya singkat.

(bx/wid/ima/yes/JPR)

Source link