Ummul Khair Juara Duta Wisata Sumenep 2017 – Radar Madura

Setelah melalui proses panjang, pemilihan Duta Wisata Sumenep 2017 akhirnya selesai. Pada malam Grand Final, Sabtu (18/11) malam, Ummul Khair terpilih sebagai juara pertama. Juara kedua diraih Khalillatur Rahmah dan Waqi’ah di posisi ketiga. Sementara Anita Rosamia berhasil menyabet gelar juara favorit.

Para juara ini berasal dari desa. Ummul berasal dari Dusun Batu Bintang, Desa Nyabakan Timur, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep. Perempuan kelahiran 9 September 1995 ini meraih nilai tertinggi dalam kegiatan yang digelar Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) ini. Dia berhak mendapatkan uang pembinaan, piala tetap, sertifikat resmi sebagai guide, dan piala bergilir bupati Sumenep.

Sementara Khalillatur Rahmah berasal dari Dusun Andun, Desa Poteran, Kecamatan Talango, Pulau Poteran. Perempuan yang disapa Liela itu lahir pada 18 Februari 1996. Lalu, Waqi’ah berasal dari Dusun Malaka, Desa Jaddung, Kecamatan Pragaan. Dia lahir pada 24 Juni 1994.

Sementara Anita Rosamia berasal dari Desa Pakandangan Sangra, Kecamatan Bluto. Lahir pada 16 September 1997. Pada malam grand final, para juri sempat kebingungan menentukan siapa yang berhak menjadi juara pertama. Nilai juri yang diberikan kepada Ummul Khair dan Khalillatur Rahmah imbang. Karenanya, membutuhkan babak tambahan.

Penilaian meliputi materi bahasa Indonesia, bahasa Madura, bahasa Inggris, pengetahuan umum, dan pariwisata serta body language plus fashion. Panitia melibatkan lima juri untuk menilai para finalis. ”Kemampuan para finalis ini hampir rata. Kalau unggul pun, itu tidak jauh dari yang lainnya,” ungkap Ketua Forwapar Sumenep Moh. Hartono.

Sementara itu, dua finalis pria, yaitu M. Syahied Hidayatullah dan Andi Firmansa harus puas berada di enam besar. Kedua finalis pria ini harus mengakui keunggulan kaum hawa dalam ajang ini. Meski demikian, mereka tetap mendapat uang pembinaan dan libur bersama ke Jogjakarta.

”Keenam finalis ini adalah ikon pariwisata Sumenep. Mereka akan ikut menduniakan pariwisata yang ada di Sumenep,” ucap Hartono. Dia berharap amanah yang diemban para pemenang dapat dijalankan dengan baik untuk perkembangan pariwisata di Bumi Sumekar.

(mr/aji/luq/bas/JPR)

Source link