UNBK, Pekalongan – Radar Semarang

“Tadi memang ada salah satu sekolah yang mengalami kendala, namun tidak menjadikan kita bingung, karena siswa tidak dirugikan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Soeroso, Senin (23/4/2018). UNBK SMP sederajat diikuti 5.012 siswa.

Suroso mengatakan, peserta sempat mengalami kendala login sampai 15 menit. Meski begitu waktu pengerjaannya tetap 120 menit, tidak berkurang. Hanya saja pengaturan jadwal shifnya saja yang harus mundur.

“Kita dikasih waktu hingga pukul 18.00, jadi jika ada kendala demikian siswa tetap bisa mengerjakan secara maksimal,” jelas Soeroso lagi.

Terkait persiapan UNBK kali ini, Soeroso mengatakan bahwa sudah lengkap, baik dari segi perencanaan hingga pelaksanaan termasuk penugasan pengawas juga sudah sesuai dengan standart yang ditentukan oleh pusat. Sehingga harapannya penyelenggaraan UNBK ini bisa berjalan dengan baik hingga selesai.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan Mochammad Saelany Machfudz, kemarin meninjau UNBK di SMP N 06.

Dari hasil tinjauan, Saelany menyampaikan, untuk SMP dan MTs sudah berjalan dengan baik. Sejauh ini juga tidak ada yang absen, semua siswa 100 persen ikut semua.  Bantuan sarana UNBK berupa 436 unit komputer dari Pemkot Pekalongan beberapa waktu lalu, sang membantu proses UNBK.

“Beberapa waktu lalu kita sudah serahkan bantuan sarana UNBK berupa 436 unit komputer, 12 server dan 4 jaringan untuk mendukung terselenggaranya UNBK ini, semua bisa dimanfaatkan dengan baik. Meski tadi sempat ada sedikit kendala teknis di salah satu SMP, tapi itu semua sudah teratasi dengan baik tanpa mengganggu ketenangan para peserta ujian,” tandas Saelany.

(sm/naf/bas/JPR)