Undip menganugerahi gelar Doktor Honoris Causa (HC) – Radar Semarang

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan, selama ini Thomas telah dikenal secara luas keilmuannya dalam bidang peternakan dengan berbagai inovasi di industri pakan ternak dan pengolahan daging ayam. Thomas juga berhasil mengembangkan bisnis model pola kemitraan usaha ayam pedaging di Indonesia. “Penganugerahan doktor HC kepada Pak Thomas ini sudah melalui serangkaian proses ketat,” ungkap Guru Besar Fakultas Hukum Undip itu.

Inovasi di bidang peternakannya itu kemudian dituangkan ke dalam karya ilmiah yang menjadi bahan uji oleh tim Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip yang berkompetensi di bidangnya.

Ketua Senat Undip Prof Sunarso menambahkan, selama ini sejarah pemberian gelar kehormatan, termasuk doktor HC yang diharapkan bisa memacu untuk menghasilkan lulusan yang lebih baik, kompeten, dan kompetitif. “Selama ini, Undip sudah beberapa kali menganugerahkan gelar doktor HC, terakhir Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan). Namun, untuk kalangan businessman baru kali ini dan kami nilai memang pantas,” papar Guru Besar FPP Undip itu.

Sementara itu, Presdir PT CPI Thomas Effendy mengakui awalnya merasa tidak pantas mendapatkan gelar kehormatan doktor HC dari Undip, tetapi akhirnya bersedia setelah diyakinkan jika dirinya memang layak mendapatkan gelar tersebut.

Thomas menyampaikan pidato ilmiah dengan judul “Pengembangan Pola Kemitraan Usaha Peternakan Ayam Pedaging Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Produksi Unggas Nasional” di hadapan para civitas akademika dan keluarga besar Undip serta para koleganya yang hadir.

“Pola kemitraan memungkinkan risiko usaha plasma diminimalisasi, seperti fluktuasi harga yang merugikan peternak, dan sebagainya. Saat ini, kami memiliki sekitar 12 ribu peternak plasma yang menjadi mitra,” jelasnya.

(sm/tsa/aro/JPR)