User ID Silon Pileg 2019 Sudah Dibagikan – Radar Solo

”Verifikasi data dapat dilakukan mudah dengan Silon ini,” kata Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Harjono kepada Jawa Pos Radar Solo, Selasa (19/6).  

Bakal caleg hanya boleh mendaftarkan diri di satu daerah dan melalui satu partai politik peserta pemilu. Tak hanya itu saja, bakal caleg juga hanya boleh mendaftarkan pada satu lembaga perwakilan di satu daerah pilihan (Dapil) saja. Sehingga melalui sistem IT ini, pengecekan dapat dilakukan secara otomatis.

Selain mempermudah proses pengecekan, masyarakat juga bisa mengetahui informasi terkait data caleg yang akan dipilih. Sebab, informasi yang ditampilkan juga lengkap. Mencakup data diri, riwayat pendidikan, bahkan pengalaman organisasi caleg dan profil keluarga pun juga ditampilkan dalam Silon tersebut.

Siswadi menyatakan, bakal caleg mulai 18 Juni hingga 17 Juli sudah dapat melakukan pengisian data pada Silon tersebut.

”Sedangkan masa pendaftaran ke KPU baru dimulai 4-17 Juli 2018,” ujar Siswadi.

Sementara itu, Dapil 1 terdiri dari Kecamatan Ampel, Boyolali Kota, Teras, dan Mojosongo. Dapil 2 mencakup Kecamatan Selo, Cepogo, dan Musuk. Dapil 3 meliputi Kecamatan Juwangi, Wonosego, Kemusu, dan Karanggede.

Dapil 4 meliputi kecamatan Klego, Andong, Nogosari, dan Simo. Sedangkan Dapil 5 terdiri dari Kecamatan Banyudono, Sawit, Sambi, dan Ngemplak. Meskipun di Boyolali ada 5 daerah pemilihan (Dapil) yang berebut 45 kursi, namun pembagian kursi per dapil berbeda.

”Kalau untuk DPR RI, Boyolali di Dapil Jateng 5 bersama Solo, Klaten, dan Sukoharjo. Mendapat jatah 8 kursi. Untuk Pileg DPRD Provinsi, Boyolali berada di Dapil 8 bersama Kabupaten Magelang dan Kota Magelang. Memperoleh alokasi 8 kursi.

(rs/wid/fer/JPR)