Verifikasi Warga Miskin di Kabupaten Pasuruan Diajukan Oktober – Radar Bromo

PASURUAN – Mulai awal Juli ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan melakukan verifikasi dan validasi (verval) data warga miskin di Kabupaten Pasuruan. Targetnya, verval selesai dalam 3 bulan. Sehingga, Oktober bisa dilaporkan ke Kemensos.

Gunawan Wicaksono, Plt kepala Dinsos Kabupaten Pasuruan mengatakan, selama ini bantuan untuk warga miskin masih menggunakan Basis Data Terpadu (BDT) dari Badan Pusat Statistik (BPS). Mulai bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

“Selama itu pula, banyak laporan ke Dinsos, bahwa ada bantuan yang dinilai tidak tepat sasaran. Padahal, selama ini bantuan didasarkan BDT dari pusat,” jelasnya.

Karena kondisi itu, mulai 2018, Dinas Sosial melakukan verval terhadap warga miskin di Kabupaten Pasuruan. Verval ini bertujuan melihat kembali data BDT yang ada, termasuk memasukkan warga miskin yang belum terdata.

Tercatat BDT warga miskin yang terdata dari Kemensos di Kabupaten Pasuruan mencapai 205.125 KPM. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 109.031 yang menerima rastra.

Sebagian dari penerima rastra ada juga yang menerima PKH, yaitu sebanyak 90.583. Sisanya, 38.373 terdata sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Gunawan mengatakan, verval sendiri dimulai awal Juli ini. Nantinya, verval akan melibatkan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan pendamping PKH.

“Kami targetkan 3 bulan selesai. Jadi, Oktober nanti data verval ini kami laporkan ke Kemensos,” jelasnya.

Harapannya, dengan adanya verval, nantinya penerima bantuan di tahun 2019 bisa lebih tepat sasaran. Sehingga, bisa benar-benar membantu warga miskin di Kabupaten Pasuruan.

Source link