Waduh, Ada Apa Ya?….. Disdikpora Baru Verifikasi 24 Sekolah – Radar Kudus

 KOTA – Sekolah Dasar (SD) calon penerima bantuan di Kabupaten Jepara diverifikasi Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara. Pelaksanaan verifikasi telah dilaksanakan sejak Senin (7/2) lalu. Verifikasi berakhir Rabu (7/3) mendatang.

Sampai kemarin, baru sekolah di lima kecamatan yang telah diverifikasi. Di antaranya Kedung, Pecangaan, Kalinyamatan, Batealit, dan Welahan. Di Kecamatan Kedung terdapat enam SD, Pecangaan empat SD, Kalinyamatan enam SD, Batealit lima SD, dan Welahan tiga SD.

Verifikasi yang dilakukan oleh Disdikpora Jepara berkaitan dengan penetapan SD calon penerima bantuan dari APBD Kabupaten Jepara dan APBN 2018. “Sementara sudah 24 SD yang kami verifikasi. Setiap kecamatan terdapat dua sampai tujuh sekolah yang diverifikasi. Masih ada sebelas kecamatan yang akan kami verifikasi,” kata Kepala Disdikpora Jepara Fatkhurozi.

Daftar sekolah calon penerima bantuan merupakan usulan tahun kemarin. Usulan tersebut mulai dari sekolah yang bersangkutan, musrenbangdes, hingga usulan dari dinas. Sekolah biasanya mengajukan proposal yang disampaikan langsung ke bupati Jepara dengan tembusan kepala Disdikpora. Ada juga yang melalui aplikasi dapodik yang terpusat dengan server Kemendikbud.

“Penentuan SD berdasarkan berbagai usulan. Kalau yang melalui musrenbangdes, secara bertahap akan diajukan ke musrenbangcam dan musrenbangkab. Kemudian dinas melakukan seleksi berdasarkan pengajuan yang diberikan,” ungkapnya.

Fatkhurozi menambahkan, pihaknya melakukan verifikasi tersebut guna memastikan, sekolah calon penerima bantuan benar-benar layak menerimanya. Jenis bantuan tersebut meliputi pembangunan ruang kelas baru, pembangunan pagar, perbaikan ruang kelas, pembangunan jamban, rehab rumah dinas, dan pembangunan sanitasi.

(ks/aji/war/top/JPR)