Wajib Masukkan Data Bacaleg ke Silon – Radar Banyuwangi

BANYUWANGI – Masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Pemilu 2019 telah memasuki hari kedua kemarin (5/7). Walaupun masa pendaftaran dibatasi 14 hari alias sampai 17 Juni mendatang, namun belum satu pun partai politik (parpol) yang mendaftarkan bakal caleg-nya ke KPU.

  Meskipun belum mendaftarkan bacaleg secara resmi, sejumlah parpol mulai mengirim tim liaison officer (LO) atau penghubung ke KPU Banyuwangi. Sejumlah LO datang untuk berkonsultasi tentang syarat dan prosedur pendaftaran kepada petugas penyelenggara pemilu Banyuwangi tersebut.

  Komisioner KPU Banyuwangi Edi Saiful Anwar mengatakan, selain menyiapkan meja pendaftaran, pihaknya juga menyediakan help desk Sistem Informasi Pencalonan (Silon). ”Rata-rata LO yang datang pada tahap-tahap awal masa pendaftaran ini berkonsultasi dengan petugas help desk,” ujarnya.

  Edi menambahkan, sesuai pasal 10 ayat (3) Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018, sebelum mengajukan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bacaleg, parpol wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon. Dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon tersebut harus diunggah ke Silon Pemilu.

  Sementara itu, mengacu pasal 11 PKPU 20/2018, dokumen persyaratan bakal calon meliputi surat pencalonan menggunakan formulir Model B, daftar bakal calon menggunakan formulir Model B.1, dan surat pernyataan pimpinan parpol yang menyatakan bahwa parpol telah melaksanakan proses seleksi bakal calon secara demokratis dan terbuka sesuai dengan AD/ART atau aturan internal menggunakan formulir Model B.2.

  Selain itu, dokumen juga meliputi pakta integritas yang ditandatangani Pimpinan Partai Politik sesuai dengan tingkatnya dengan menggunakan formulir Model B.3. (sgt)

(bw/sgt/ics/JPR)

Source link