Waspada! Belum Satu Bulan Belasan Anak di Blora Terkena DB – Radar Kudus

 KOTA – Penyakit Demam Berdarah (DB) mulai menyerang masyarakat. Belum ada satu bulan, sudah ada 15 orang terjangkit penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypty. Pasien sebagian besar anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Blora Henny Indriyanti melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Edi Sucipto mengatakan, hingga Minggu ke tiga ada 15 penderita. Mereka berasal dari Kecamatan Kota, Cepu, Jepon, Tunjungan dan Bogorejo.

“Penyebabnya karena ada banyak penampungan air, dan tidak dibersihkan. Sehingga digunakan untuk berkembang biak jentik-jentik nyamuk,” ucapnya.

Meski begitu, Sucipto menyebutkan jumlah penderitanya bulan ini menurun. Sebab biasanya bulan Januari banyak sudah banyak yang terkena DB. “Ini berkat kesadaran masyarakat semakin meningkat. Karena kami sering melakukan penyuluhan. Biasanya minta di fogging. Ini sudah mulai sadar pentingnya ASN,” tambahnya.

Dia menerangkan, sebenarnya tiap keluarga harus ada Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Sehingga akan aman dari nyamuk Aedes aegypti. Jumantik juga harus bisa mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat sekitar agar lebih peduli terhadap bahaya DB.

“Seminggu sekali Jumantik melakukan pemantauan. Jika ditemukan jentik nyamuk maka petugas berhak memberi peringatan kepada penghuni atau pemilik untuk membersihkan atau menguras agar bersih dari jentik,” jelasnya. 

(ks/sub/ali/top/JPR)