Waspada Penipuan Rekrutmen PEPC – Radar Bojonegoro

“Saat ini PEPC berkoordinasi atau melibatkan dinas perindustrian dan tenaga kerja melakukan rekrutmen sesuai kebutuhan proyek,” katanya.Bagi pelamar yang memenuhi kualifikasi awal, kata Kunadi, akan mendapatkan pemberitahuan resmi mengikuti proses selanjutnya. Pemberitahuan dikirim melalui surat elektronik resmi dari PEPC. “Bukan melalui surat elektronik seperti Hotmail, Yahoo, Gmail, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dia melanjutkan, penipuan seperti itu kerap terjadi karena PEPC memiliki proyek pengembangan gas lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB). Sehingga, memancing segelintir orang maupun kelompok memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan uang dengan menipu. 

Sering kali, lanjutnya, modus penipuannya mengirimkan surat ke alamat tempat tinggal maupun alamat surat elektronik pribadi (email). Surat itu berisi pemberitahuan meminta kandidat karyawan untuk mengirimkan sejumlah uang.

Untuk mencegah terulangnya penipuan serupa, PT PEPC akan memberikan pengumuman papan informasi di desa-desa sekitar area proyek JTB dan beberapa instansi pemkab. “Dengan pemberitahuan melalui media dan papan informasi, PEPC berharap tidak akan ada korban penipuan calon tenaga kerja lagi,” jelasnya.

(bj/zim/rij/faa/JPR)

Source link