Waspadai Deman pada Sapi – Radar Jember

Dinas Pertanian Lumajang belakangan juga banyak medapat laporan ternak yang terserang penyakit. Namun selama ini penyakit yang diderita oleh hewan ternak terbilang aman.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Lumajang Nurul Pratiwi menuturkan, cuaca ekstrem memang berpengaruh pada kesehatan hewan. Banyak kasus gangguan kesehatan yang terjadi pada hewan selama cuaca buruk seperti saat ini.

Dia menambahkan, biasanya hewan ternak seperti sapi dan kerbau menjadi ternak yang cukup rentan terkena penyakit. “Ada pengaruhnya, biasanya hewan ternak akan mengalami diare berkepanjangan,” katanya.

Selain itu Bovine Ephemeral Fever (BEF) atau virus arbo juga bisa terjadi pada sapi dan kerbau pada cuaca ektrem seperti sekarang. “Virus ini akan mengakibatkan sapi dan kerbau demam. Kasus ini yang sering tidak diperhatikan oleh masyarakat,” tambahnya.

Maka dari itu penanganan tepat dan cepat perlu dilakukan agar tidak berakibat fatal pada hewan ternak. Seperti misalkan memberikan vaksin dan vitamin pada hewan. Jika ingin lebih aman, segera menghubungi petugas kesehatan hewan yang ada.

Dia menjelaskan, jika ada keterlambatan dalam penanganan, penyakit tersebut bisa mengakibatkan kematian pada hewan. “Segera hubungi petugas jika ada gejalan diare dan demam, akibatnya fatal jika terlambat melakukan penanganan,” tutupnya. 

(jr/mar/ras/das/JPR)

Source link