Wisatawan Asing Ikuti Lomba Busana Nusa Penida Festival – Bali Express

Sebanyak lima pasang wisatawan asing mengikuti lomba tersebut. Mereka tanpa canggung lenggak lenggok di atas panggung, dipelototi penonton dan tim penilai. Tak sebatas pakaian adat Bali ke pura, para peserta lomba itu lengkap dengan sarana persembahyangan. Para turis yang ikut lomba adalah mereka yang sedang liburan di Lembongan, Nusa Penida.  Pihak panitia sengaja melibatkan para turis sebagai bagian dari pengenalan budaya Bali.

Ketua Tim Penilai Lomba Busana Adat ke Pura, Guru Mirah Maharani mengungkapkan, keterlibatan wisatawan dalam lomba tersebut agar mereka paham budaya Bali, khususnya Hindu. Dengan lomba itu, wisatawan tahu busana adat ke pura yang baik dan benar. “Banyak wisatawan asing yang ingin tahu tentang budaya, sehingga dengan pelaksanaan lomba busana adat ini mereka tahu tentang budaya hindu,” jelas Guru Mirah.

Selain mengenalkan kepada wisatawan, lomba tersebut juga sebagai media edukasi  masyarakat Hindu tentang tata cara berbusana ke pura yang baik dan benar.

Salah seorang peserta, Rosie mengaku senang bisa mengikuti lomba tersebut. Apalagi, itu merupakan pertama kalinya, wisatawan asal Inggris tersebut mengenakan pakaian adat ke pura. “Bagi saya ini sangat penting dan berkesan karena ini pertama kalinya saya mengenakan busana adat Bali,” ujar Rosie dibenarkan juga pasangan lombanya, Igor.

Bahkan, Igor yang merupakan wisatawan asal Ceko itu akan kembali tampil pada NPF tahun berikutnya. “Saya pastikan akan mencoba mengikuti lomba yang lainnya. Ini sangat-sangat menyenangkan,” akunya.  

(bx/wan/yes/JPR)

Source link