Wonoboyo, Jangan Banjir Lagi – Radar Jember

Banjir akhir pekan kemarin tidak hanya menerjang Wonoboyo, tapi juga Desa Leprak, dan Pandak. Selain itu juga ada di dua desa di Kecamatan Prajekan, Walidono, dan Cangkring.  Seringnya daerah tersebut diterjang banjir hampir setiap musim penghujan membuat Sekda Pemkab Bondowoso Hidayat turun langsung bersama BPBD, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bondowoso, kemarin (29/1). 

Pertama, Sekda Hidayat meninjau kerusakan Dam Blonceng di Desa Leprak. Selanjutnya langsung ke rumah yang rusak berat akibat banjir di Desa Wonoboyo, dan mengamati aliran sungai. Selain itu juga memberikan santunan sembako ke puluhan warga terdampak. “Kejadian seperti ini bukan sekali, daerah ini sering terjadi,” kata Hidayat.

Dia mengatakan, setelah pulang dari tinjauan ini akan melakukan rapat koordinasi untuk langkah selanjutnya seperti apa. Hidayat pun tak ingin setiap membangun infrastruktur yang rusak akibat banjir, tahun berikutnya kembali banjir. Sehingga, tambah dia, akan lakukan kajian lebih mendalam, termasuk juga hasil analisis para ahli dengan topografi daerah seperti ini. “Kami akan ada rapat bersama beberapa OPD terkait,” imbuhnya.

Hidayat menegaskan, kajian tersebut akan dirampungnya secepatnya. “Namanya bencana tidak bisa ditunda lagi,” paparnya. Jika anggaran untuk perbaikan tersebut sangat besar mencari dana kebencanaan dari pemerintah pusat.  “Tahun 2018 ini ada beberapa anggaran yang saya alokasikan di tempat ini, dan jadi prioritas nanti,” pungkasnya. (

(jr/wah/dwi/das/JPR)

Source link