Woodsdtkhee, itulah nama kerajinan limbah kayu pinus yang beralamatkan di Jalan Rinjani, Kelurahan Campurejo, Kota Kediri tersebut. Perajinnya adalah dua pemuda kreatif yaitu Danar Tri Kumara dan Hamam Eril Efendi. Mereka sahabat sejak duduk di bangku sekolah dasar. Mereka berdua juga masih tetangga.

Awalnya, Eril yang memiliki ide membuat gambar di telenan. Karena menyukai action figure, dia ingin ada lukisan kesukaannya itu di media yang tak biasa. Sadar kalau tak begitu pandai menggambar, pemuda 26 tahun ini lalu mengajak Danar yang pintar menggambar. “ Danar memiliki bakat melukis , saya ajak menggambar sebuah action figure dalam sebuah telenan kayu,” terang  pria lulusan sekolah keperawatan tersebut.

Danar mengakui kalau sangat menyukai menggambar di atas kulit kayu. Ia melihat menggambar di kulit kayu merupakan sesuatu yang spesial. Sebab, setiap kayu memiliki tekstur kulit yang berbeda-beda.

Tak sekadar untuk koleksi pribadi, telenan itu dijual ke pasaran melalui media online. Awalnya, dijual satu paket dengan action figure. Tetapi, ternyata lama kelamaan, yang laku dibeli justru telenan.

Mereka pun kewalahan mengerjakan pesanan gambar lukis di atas telenan kayu secara manual. Danar akhirnya memutuskan untuk membeli mesin pemotong kayu dan sablon untuk mempercepat pengerjaan. Mereka pun mencari bahan baku dari limbah kayu pinus dari galangan kayu.

“Awalnya dikerjakan secara manual, lalu menggunakan mesin ternyata produksi bisa sampai 100 potong per bulan,” terang Danar. Peminat pun cukup tinggi. Pesanan tak hanya dari Kediri dan sekitarnya, tetapi juga luar negeri. “Ada yang pesan dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam,” ucapnya bangga. Meski terlihat sederhana, karya seni yang dihasilkan Danar dan Eril ini cukup memiliki nilai jual tinggi. Mereka biasanya mematok harga Rp 85 ribu hingga Rp 135 ribu per buah.

Tak berhenti di telenan, mereka pun terus mengembangkan kreativitas. Kali ini membuat neon box dari bahan kayu pinus dan kertas rontgen. Tampilannya bisa lebih unik dan lebih mudah saat proses pengiriman ke luar kota.

(rk/fiz/die/JPR)

Source link